Jarak Waktu Dari Nabi Adam Ke Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus oleh Alloh SWT.

Nabi Muhammad SAW lahir di Kota Makah (Bakkah) pada hari Senin, tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah (Tahun Abrahah menyerang Makah dan berusaha menghancurkan Ka’bah dengan pasukan penunggang Gajah).

Kelahiran Nabi Muhammad SAW juga bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi. Sehingga jarak antara kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Nabi Isa As adalah 571 tahun.  Dengan Asumsi jika penanggalan Masehi akurat.

Sedangkan jarak antara Nabi Isa dan Nabi Musa sekitar 1716 atau 1900 tahun. Antara Nabi Musa dan Nabi Ibrahim 545 tahun, dan antara Nabi Ibrahim dan Thufan sekitar 1080 tahun. Thufan adalah sebutan lain Nabi Nuh as. (Kapal Nabi Nuh terombang-ambing banjir (thufan) selama 40 hari). Kemudian antara Thufan dan Nabi Adam (Bapak Manusia yang pertama) kurang lebih 2242 tahun. Dengan demikian, maka jarak antara kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Nabi Adam, menurut pendapat yang akurat dan terkenal di kalangan para sejarawan adalah sekitar 6155 tahun.

Nabi Muhammad SAW wafat pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 8 Juni 633 Masehi. Menurut sebagian riwayat Ibnu Dihyah, bahwa yang mensholati jenazah Rosulullah SAW sebanyak 30.000 muslimin, terdiri dari kaum laki-laki, perempuan dan anak-anak

Sayid Ahmad Al Marzuqi, Terjamah dan Syarah Aqidatul Awam (Penterjemah : H. M. Fadlil an Nadwi), Surabaya : Al Hidayah, 1421 H, hal 71

My Blog List