Doa Perjalanan Islam

Berdasarkan percarian google tentang doa perjalanan islam banyak yang menyarankan saya untuk menulis tentang doa perjalanan jauh islam, doa perjalanan darat, doa dalam perjalanan, doa perjalanan katolik, doa perjalanan kristen , doa perjalanan pulang, doa perjalanan udara, doa perjalanan haji.
Oke suatu saat bisa saja semua akan ditulis di sini. Namun kali ini akan ditulis adalah doa perjalanan dalam islam sesuai syariah dan tuntunan Nabi saw. Ada arabnya, ada latinnya dan ada artinya dalam bahasa Indonesia.

Do'a Perjalanan dan Naik Kendaraan Darat:


اللهم هاون علين سفرن هذا واطوي انا بحعده اللهم انت الصحب في السفر والحلفه في الا هله

"Allahumma hawwin 'alaina safaranaa Hadzaa wa athwi' anaa ba'dahu Allahumma antash-shahibu fis safari Walkhalifahu fil ahli".

Artinya : Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini, Dan dekatkanlah kejauhannya Ya Allah, Engkau adalah teman bepergian Dan pelindung keluarga.


Doa Perjalanan (Islam)

“Bismillah majreha wa mursahaa inna rabbi laghafuurur rahiim” (Surah Hud 11:41)

“Dengan nama Allah (semoga) menyertai perjalanan dan mendaratnya (pesawat ini). Sungguh, Tuhanku, benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Surah Hud 11:41)


Do'a Dalam Perjalanan, Satu Dari Waktu Mustajabah. Dzikir saat safar yang bisa diamalkan agar safar jadi lebih berkah:

Jika sudah berada di atas kendaraan untuk melakukan perjalanan, hendaklah mengucapkan, "Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar." Setelah itu membaca,
 سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

"Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza "Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun[1]. Allahumma innaa nas'aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal 'amali ma tardho. Allahumma hawwin 'alainaa safaronaa hadza, wathwi 'anna bu'dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a'udzubika min wa'tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli." 
(Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga)[2]

Semoga Bermanfaat dan bisa segera diamalkan untuk selalu baca doa sebelum safar/berpergian.

Doa Naik Pesawat
Doa Naik Motor
Doa Naik Sepeda Motor
Doa Naik Kapal Laut
Doa Naik Kereta
Doa Naik Bus
Doa Naik Bis
Doa Naik Odong Odong
Doa Naik Busway
Doa Naik Gojek
Doa Naik Pesawat Terbang
Doa Naik Angkot 

My Blog List