Cara Agar Tetap Istiqomah

Kadar iman itu kaya suhu udara bisa naik bisa turun. Kadang hujan kadang kemarau. Iman memang sudah diinfokan oleh Alloh SWT bisa naik, bisa juga turun, alias tidak konstan. Yang imannya konstan kan hanya malaikat.Untuk itu dalam agama sebenarnya ada lho cara agar tetap bisa istiqomah menjaga Islam. Ini beberapa di antaranya agar tetap istiqomah :



1. meNGAJI.

Ngaji di sini tidak hanya baca alquran, tetapi lebih dari itu yaitu mendalami makna dari ayat ayat alquran dan ayat ayat alam.

Ngaji adalah cara untuk bisa mengisi bahan bakar iman . Biar kita tahu mana yang boleh dikerjalan dan mana yang tidak boleh dikerjakan. Dengan begitu, kita bisa menjaga diri untuk tetap taat dan menjauhi maksiat.



2. BERTEMAN DENGAN ORANG SHALIH.

Maka jika ingin selalu istiqomah, bertemanlah dengan orang yang shalih yang akan selalu mengajak kita ke jalan kesalihan, bukan ke jalan kemaksiatan. Jika kita berteman dengan penjual parfum maka kita akan ikut wanginya. Jika dekat dengan pandai besi akan ikut bau gosongnya.



3. PERKUAT AMALAN NAFILAH.

Perbanyak lakukan amal shalih, sepperti puasa, qiyamul lail, baca al-quran, shadaqoh. Amalan2 tersebut akan semakin memperkuat keimanan serta menjaga diri kita. Sehingga perbanyaklah amalan nafilah / sunnah, kurangi aktivitas mubah, serta tinggalkan yang makruh dan haram.



4. BERDAKWAH.

Dengan berdakwah kepada orang lain maka manfaatnya akan kembali kepada kita lagi. Dari orang lain, nanti aka nada feedback, kasih masukan ke kita begini dan begitu, sembari kita bisa terus berbenah. Dengan sendirinya, kita akan tetap istiqomah.



Itulah 4 cara agar tetap istiqomah, mudah bukan? Asal anda mau pasti bisa!!

My Blog List