Majelis Ulama Ahlussunnah Irak: Fatwa Perang Terhadap ISIS


Jemaah Ulama Irak pusat yang merupakan organisasi ulama Ahlussunnah negara ini mengeluarkan fatwa berupa seruan kepada rakyat Irak supaya ikut mengangkat senjata melawan gerilyawan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Jamaah Ulama Irak yang bermarkas di Baghdad telah mengeluarkan fatwa yang menyerukan kepada segenap warga supaya mengangkat senjata melawan ISIS dan pasukan bayaran,” ungkap Ketua Jamaah Ulama Irak, Syeikh Khalid al-Mala, di Baghdad.

Dia menambahkan bahwa organisasi ini menyerukan kepada segenap warga supaya membela “identitas nasional”.

Sehari sebelumnya, fatwa serupa diumumkan oleh Jamaah Ulama Irak provinsi Basrah. Lembaga ini menyatakan Irak sedang menjadi target serangan kelompok “takfiri sesat” yang berusaha menguasai sebagian wilayah Irak untuk menebar teror ke seluruh pelosok Irak dan semua negara Arab. Lembaga ini juga menegaskan, “Ahlussunnah wal Jamaah bersikap kontra ISIS, baik dari segi perkataan maupun tindakan.”

Syekh Mohammad Amin, anggota lembaga ini mengatakan, “Adalah ilusi belaka apabila seorang imam atau siapapun yang beserban di Irak mengaitkan peristiwa Mosul kepada Ahlussunnah. Siapapun tidak bisa berbicara atas nama Ahlussunnah.”

Situasi Irak membara menyusul serbuan gerilyawan ISIS ke Mosul serta jatuhnya kota ini ke tangan kelompok teroris terafiliasi dengan al-Qaeda tersebut pada tanggal 10 Juni lalu. Krisis keamanan ini membuat Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan status siaga penuh, para ulama menyerukan fatwa jihad, dan tentara Irak bersama ribuan relawanpun bahu membahu memerangi militan ISIS. (mm/alalam/almayadeen)

 LiputanIslam.com

My Blog List